Analisis Logo Pada Minuman AQUA
Aqua
adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua
Golden Mississippi di Indonesiasejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga
dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan
penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling
terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.
Saat
ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda
(3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua
Golden Mississippi, dan pabrik di Berastagi, Sumatra Utara dimiliki oleh PT
Tirta Sibayakindo).
Sejak
tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam bidang
makanan dan minuman asal Prancis, Grup Danone, hasil dari penggabungan PT Aqua
Golden Mississippi dengan Danone.
Aqua
didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga asli Wonosobo yang setelah keluar
bekerja dari Pertamina, dan bekerja di Petronas, mendirikan usaha air minum
dalam kemasan (AMDK).
Tirto
berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena
sebagai seorang pionir maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara
pandang bisnis AMDK di Indonesia
Logo 40
Tahun AQUA bersama untuk Indonesia menampilkan desain angka 40 yang memiliki
pola seperti batik yang menunjukkan eratnya hubungan antara AQUA dengan budaya
Indonesia. Corak hati yang tersemat, memperlihatkan kecintaan AQUA terhadap
Indonesia juga kepeduliannya untuk terus melestarikan lingkungan sekitar. Motif
tetesan air menggambarkan kebaikan alam yang akan terus dihadirkan. Menampilkan
pegunungan sebagai elemen utama, logo baru Danone AQUA menggambarkan kekuatan
sekaligus sumber air AQUA yang sangat berharga. Warna biru melambangkan
kemurnian sumber air yang berasal dari pegunungan. Semburat hijau menggambarkan
warna alam yang penuh dengan kehidupan. Motif gelombang menggambarkan air
sebagai sumber kehidupan sekaligus alur kehidupan yang selalu bergerak maju.
Sedangkan warna kuning pada gelombang adalah refleksi matahari pagi yang
membawa pesan hari baru yang penuh harapan.
“Dukungan dari masyarakat selama ini telah menjadi penyemangat bagi AQUA untuk selalu memberikan yang terbaik dan terus berkembang bersama Indonesia. Di usia ke-40 ini, dengan semangat baru, AQUA berharap dapat terus membantu mewujudkan kemajuan Indonesia lewat produk air minum dalam kemasan berkualitas dan berbagai inisiatif berkelanjutannya; untuk esok yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik,”
“Dukungan dari masyarakat selama ini telah menjadi penyemangat bagi AQUA untuk selalu memberikan yang terbaik dan terus berkembang bersama Indonesia. Di usia ke-40 ini, dengan semangat baru, AQUA berharap dapat terus membantu mewujudkan kemajuan Indonesia lewat produk air minum dalam kemasan berkualitas dan berbagai inisiatif berkelanjutannya; untuk esok yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik,”
saya membuat logo seperti ini karena air melambangkan kejernian dari warna biru oleh karena itu saya hanya menggunakan warna biru pada logo ini.
Simbol pegunungan dan aliran air yang melambangkan sumber
mata air, kekuatan, dan kehidupan masih tetap dipertahankan dalam logo baru
Aqua. Perubahan dilakukan dengan merubah bentuk simbol menjadi lebih dinamis
dan terlihat lebih segar. disini saya memakai warna biru pada pegunungan agar menandakan pada gunung ada kejernian. aqua logo asli membuat gunung di bawah. sedangkan saya menggunakan gunung di atas untuk menandakan bahwa air itu dari atas gunung makanya gunung di atas text aqua.
disini juga ada gambar gelas dan air yang artinya kemasan dan air di dalam nya. saya menggunakan warna air pada kemasan berwarna biru untuk menandakan kejernian nya,
untuk tulisan saya menggunakan tulisan ini karena huruf ini lebih unik dan gampang dikenali , saya pakai warna biru untuk menandakan semua yang ada pada aqua adalah lambang kejernian dari segi warna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar